DBS Foundation Coding Camp Impacts Report: Memberdayakan Talenta Digital Untuk Indonesia Maju 

Pada tahun 2023, DBS Foundation bekerja sama dengan Dicoding untuk menyelenggarakan DBS Foundation Coding Camp, sebuah program pelatihan yang bertujuan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di bidang teknologi informasi.

Di tahun yang lalu, DBS Foundation Coding Camp 2023 telah memberikan beasiswa pelatihan coding pada alur belajar Back-End Developer dan DevOps Engineer, mulai dari level dasar hingga mahir

Program ini berhasil memberikan beasiswa coding kepada 52.000+ Warga Negara Indonesia dengan menjangkau 34 provinsi dan 487 kota. Jumlah peserta terbesar berada di Pulau Jawa (73.1%), diikuti oleh Sumatera (14.5%), Sulawesi (4.3%), Kalimantan (3.7%), Bali dan Nusa Tenggara (3.6%), dan Papua dan Maluku (0.6%).

Peserta DBS Foundation Coding Camp 2023 berasal dari berbagai macam latar belakang yang berbeda, 4,6% merupakan pengajar, 41.3% peserta berasal dari masyarakat umum, dan lebih dari setengah peserta (54.1%) merupakan pelajar yang bersemangat untuk mengejar karier di dunia digital.

Dengan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender, pendaftar DBS Foundation Coding Camp 2023 telah mencapai 20.1% dari 52.000+ peserta merupakan perempuan yang ingin mengasah potensinya di dunia digital.

Selain itu, dalam mendukung transformasi digital di Indonesia, 4.000+ peserta DBS Foundation Coding Camp 2023 berasal dari keluarga berpenghasilan menengah ke bawah dan 631 peserta merupakan penyandang disabilitas.

Tak hanya itu saja, Program DBS Foundation Coding Camp 2023 memberikan dampak positif yang signifikan kepada:

  • 98% peserta memberikan rating kepuasan tinggi terhadap program ini.
  • 99% peserta merasakan peningkatan keterampilan coding.
  • 67.2% peserta telah mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan coding di kehidupan nyata.
  • 43,8% peserta berhasil meluluskan program ini hingga level mahir

DBS Foundation Coding Camp 2023 juga melahirkan berbagai kisah inspiratif, seperti Anwar Fuadi, penyandang tunadaksa yang membuktikan bahwa keterbatasan tidak menghalangi mimpinya dan Nenti Nurnaningsih, mahasiswi teknik informatika yang terus semangat mengejar prestasinya.

Terima kasih kepada semua peserta DBS Foundation Coding Camp 2023 yang telah berkontribusi pada kesuksesan program ini. 

Bagi yang ingin menjadi bagian dari pertumbuhan talenta digital di Indonesia, yuk daftarkan dirimu melalui program beasiswa DBS Foundation Coding Camp 2024 yang telah dibuka pada tanggal 23 Januari 2024!

Salam,
DBS Foundation Coding Camp